MESIN-MESIN KANTOR SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

MESIN-MESIN KANTOR SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

Jenis-jenis alat komunikasi dalam kantor

Intercom/ aiphone

Merupakan alat komunikasi yang dipergunakan untuk menyampaikan warta atau keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri, dari suatu bagian ke bagian yang lain atau dari satu ruangan ke ruangan lain.

Telepon

Merupakan alat penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lainnya dari jarak jauh, baik dalam lingkungan sendiri maupun ke luar kantor.

Handphone

Merupakan alat yang digunakan untuk komunikasi, dinilai lebih cepat dan lebih portabel, dengan kata lain lebih praktis, tidak menggunakan kabel, dan dapat dibawa kemana-mana.

Faksimil

Merupakan mesin/alat untuk mengirim dan menerima data atau dokumen yang hampir sesuai dengan aslinya, baik berupa tulisan maupun gambar.

Fixphone

Merupakan alat komunikasi yang berbentuk Pesawat Sambungan dengan menekan Nomor yang menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bisa dipindah ketempatyang tidak ada kabel jaringannya.

Fixphone cellular

Merupakan peralatan komunikasi yang berbentuk telephone duduk tanpa kabel yang dapat dipindahketempat lain. Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia.

Telegraph

Merupakan peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone.peralatan ini cikal bakal teknologi modern.

Pager

Merupakan peralatan komunikasi yang digunakan untuk menerima pesan teks melalui jaringan tanpakabel.

Walky talk

Merupakan peralatan komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter yang tidak memerlukan biaya atau tarif ,namun komunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama.

E-mail

Merupakan sarana komunikasi yang berbasis online yang memungkinkankita saling berkomunikasi, saling bertukar data, dan sebagainya.

Perkembangan Alat Komunikasi :

  1. Surat

Kemunculan surat pertama kali adalah ribuan tahun yang lalu di Mesir. Mereka biasanya dikirim menggunakan orang dan binatang seperti merpati. Kekurangan utama dari teknologi komunikasi tentunya adalah waktu pengiriman yang lama yakni membutuhkan waktu antara satu hingga tiga hari.

 

  1. Telegraf

Merupakan penemuan menakjubkan pada zamannya dimana memperbolehkan pesan jarak jauh melalui kode morse. Biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis, mereka kemudian mengalami perkembangan yakni dengan receiver elektromagnetik yang memperbolehkan kode morse langsung diterjemahkan dalam bentuk tulisan.

  1. Telepon

Teknologi yang terus mengalami perubahan hingga sekarang ini memperbolehkan komunkasi jarak jauh dalam waktu yang singkat. Semua itu adalah hasil jerih payah dari penemu ternama Alexander Graham Bell.

  1. Pager

Sesudah telepon ditemukan barulah komunikasi pesan singkat dengan sinyal radio diciptakan, yakni Pager atau terkadang dikenal juga dengan nama Beeper. Pager sendiri hanya dapat menerima pesan singkat dan mereka dibagi menjadi numeric pager, alphanumeric pager, serta two-way alphanumeric pager.

  1. Handphone

Ponsel, telepon genggam, atau lebih sering dikenal sebagai handphone adalah alat komunikasi elektronik yang dapat dibawa kemana-mana. Ia memperbolehkan komunikasi langsung melalui telepon dan juga pengiriman pesan SMS. Sampai sekarang teknologi ini juga terus mengalami perkembangan hingga yang sedang trend sekarang ini yakni smartphone.

  1. Internet

Inilah teknologi komunikasi terkini yang memperbolehkan komunikasi yang tidak mengenal waktu dan batasan jarak. Apalagi dengan berbagai gadget yang ada sekarang ini, maka istilah dimana saja dan kapan saja bukan lagi sekedar ucapan semata.

Kelebihan dan kekurangan adanya alat komunikasi

Dalam Bidang Sosial

Keuntungan :

  1. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.

Kerugian :

  1. Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
  2. Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
  3. Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
  4. Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
  5. Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
  6. Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.

Dalam Bidang pendidikan

Keuntungan :

  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

Kerugian :

  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
  4. Masalah geografis, waktu dan sosial ekonomis Indonesia
  5. Negara Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan, daerah tropis dan pegunungan hal ini akan mempengaruhi terhadap pengembangan infrastruktur pendidikan sehingga dapat menyebabkan distribusi informasi yang tidak merata.
  6. Mengurangi ketertinggalan dalam  pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara berkembang dan negara maju lainnya.

Dalam Bidang Ekonomi

Keuntungan :

  1. Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
  2. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
  3. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.

Kerugian :

  1. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
  2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

Dalam bidang Pemerintahan

Keuntungan :

  1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
  2. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.

Kerugian :

  1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

 

Masalah yang terjadi Saat Penggunaan Alat Komunikasi Pada Saat Aktivitas Perkantoran

Keterbatasan Pegawai,

Tenaga pemakainya ada yang tidak ahli dalam mengoperasikannya. Dan para manajer harus menyesuaikan keahglian pegawainya sesuai dengan bidangnya.

Masalah Teknis,

Kerusakan pada mesin kantor dapat mengganggu kinerja para pegawai. Dengan hal ini, prose kerja akan terganggu dan menghambat pencapaian tujuan perusahaan.

Referensi :

Wursanto, I.G., 1987, Etika Komunikasi Kantor, Yogyakarta; Kanisius. (online) (http://asm.ariyanti.ac.id/download/KaryaIlmiah/NomorTahun/KomunikasiKantorNenengLestariningsih.docx, diakses 20 maret 2015)

Honiatri Euis, Dra, Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi, Armico, Bandung, 2004. (online) (http://smkn23.maxindo.net/wp-content/uploads/2012/04/MODUL-YANI.pdf, diakses 18 Maret 2015)

 

Satu respons untuk “MESIN-MESIN KANTOR SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI

Tinggalkan komentar