KESUKSESAN DAN KARAKTER ORANG SUKSES

Carilah 3 profil orang sukses karena bekerja dan 3 profil orang sukses Karena wirausaha!

Profil Orang Sukses Karena Bekerja

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan, Lc. (lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 19 Juni 1966; umur   48 tahun) adalah seorang politikus Indonesia.Ia adalah Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 bersama wakilnya Deddy Mizwar.

Ahmad Heryawan (Aher) lahir dari keluarga kecil di pinggiran kota Sukabumi. Sejak Aher kecil dia rutin membawa gorengan buatan tetangganya untuk dijual di sepanjang perjalanannya ke sekolah. Hal tersebut ia lakukan sejak bangku sekolah dasar hingga SMA. Selesai SMA, Aher mendapat beasiswa melanjutkan kuliah di Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) oleh Kedubes Arab tanpa biaya. Aher lulus dengan menggenggam nilai terbaik.

Selepas lulus dari bangku kuliah, Heryawan mulai meniti karier sebagai pengajar dan mubaligh. Ia aktif mengajar di beberapa perguruan tinggi, antara lain Ma’had Al Hikmah, Dirosah Islamiyyah Al Hikmah, Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta, dan Pusat Studi Islam Al Manar. Selain itu ia juga aktif di Persatuan Umat Islam sejak tahun 1991 dan dipercaya untuk menjabat ketua umum dari tahun 2004 sampai saat ini.

Karier Aher di dunia politik berawal dengan bergabungnya ia bersama Partai Keadilan (sekarang Partai Keadilan Sejahtera). Heryawan terpilih menjadi salah satu anggota legislatif Provinsi DKI Jakarta pada tahun 1999.Usai Pemilu 2004, Aher menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2004-2009.Gubernur Ahmad Heryawan pada tahun 2011 dinobatkan sebagai tokoh perubahan 2011 oleh sebuah media cetak nasional.Pada tahun 2013, Ahmad Heryawan dipercaya kembali sebagai Gubernur Jabar dengan didampingi Deddy Mizwar.

dr. Sri Suparyati, Sp.A.(K), Ph.D.

Prof. dr. Sri Suparyanti, Sp.A.(K), Ph.D. merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) menerima penghargaan internasional sebagai dokter spesialis anak terbaik dari Asosiasi Dokter Anak Asia-Pasifik atau APPA. Penghargaan Outstanding Asian Pediatric Award tersebut diterimanya akibat prestasi-prestasinya yang dianggap menonjol dalam penelitian mengenai penyakit diare pada anak selama tiga tahun terakhir.Penghargaan diberikan dalam konferensi APPA di Shanghai, China, yang berlangsung pada tanggal 4 – 18 Oktober 2009.

Penghargaan tersebut merupakan buah dari perjuangannya selama 40 tahun dalam meneliti penyakit diare pada anak. Bersama Prof. Ruth Bishop dari Australia, ia meneliti infeksi yang disebabkan oleh rotavirus pada penderita diare di Indonesia. Penelitian ini menemukan hasil yang mengejutkan bahwa ternyata rotavirus lah yang menjadi penyebab utama penyakit diare di Indonesia.

Rini Soewandi

Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-M.Jusuf Kalla menunjuk Rini Mariani Soemarno sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2014-2019. Menurut Presiden Jokowi, Beliau adalah dari kalangan professional, kaya pengalaman sebagai CEO di perusahaan besar, pekerja keras. Dia ketua tim transisi, pernah menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan. Rini menggantikan Menteri BUMN Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II Dahlan Iskan yang menjabat sejak 19 Oktober 2011 menggantikan menteri sebelumnya Mustafa Abubakar.

Berdasarkan catatan Bisnis, Rini Soemarno cukup lama masuk ke dalam birokrasi pemerintahan di Indonesia.Rini ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Kantor Transisi.Wanita kelahiran Maryland Amerika Serikat, 9 Juni 1958 ini mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi Wellesly College Massachusetts AS pada 1981.Dari sinilah Rini Soewandi melebarkan karirnya di dunia politik.

Profil Orang Sukses Karena Berwirausaha

Basrizal Koto

Salah satu orang sukses karena berwirausaha yaitu Basrizal Koto, Saat kecil iabiasa dipanggil Basko. Basko lahir di Pariaman pada 11 Oktober, 56 tahun yang lalu.Basrizal Koto lahir dikeluarga yang serba kekurangan.Ibunya bernama Djaninar dan ayahnya Ali Absar. Namun kemiskinan tak membuat ia mengeluh, ia kini menjadi salah satu pengusaha sukses di tanah air.

Sekalipun hanya mengenyam pendidikan hingga kelas 5 Sekolah Dasar di kampungnya, ia adalah salah satu pengusaha sukses. Saat ini Basrizal Koto memiliki beberapa perusahaan seperti Haluan Media Group, Basko Grand Mall di Padang, Basko Hotel di Padang, Green City Tower di Riau, PT Cerya Zico Utama di Riau dan juga PT CRMP di Riau.Namun, untuk mencapai itu semua membutuhkan kerja keras yang cukup lama.Basrizal Koto bertekat kuat untuk merantau ke Riau, untuk mengubah nasib.Di Riau, pekerjaan pertama yang dijalani Basrizal Koto adalah menjadi kernet oplet.Pekerjaan lainnya adalah menjadi seorang penjual pete. Basrizal Koto berbisnis petetanpa modal uang. Modal yang digunakannya adalah modal kepercayaan.Singkat cerita Basrizal Kotopun pindah ke Padang dengan menjadi sopir, tukang pemborong, tukang jahit. Hingga akhirnya Basrizal Koto bekerja menjadi makelar motor dan mobil selama dua tahun di Padang. Beberapa tahun kemudian, ia berpindah ke Pekanbaru. Di Pekanbaru, Ia mulai membuka toko asesoris/variasi mobil.Toko asesoris ini merupakan rintisan bisnis pertama di Pekanbaru.Setelah Toko ini berhasil, barulah Basrizal Koto mendirikan beberapa perusahaan yang kini telah sukses.

Dalam dunia organisasi, Basrizal Koto pernah menjadi Ketua Forum Silaturahmi Saudagar Minang (FSSM) periode 2008-2013; Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) periode 2000-2015; Ketua Yayasan Pendidikan Bunda Riau dan Ketua Pembina ESQ Provinsi Riau. Prestasi yang pernah diterima Basrizal Koto adalah Asean Executive Golden World di Jakarta selaku Komisaris PT Basko Minang Plaza serta Preskom PT Inti Kharisma Mandiri Riau pada ahun 2001.

Theresia Deka Putri

Hidup sebagai seorang yatim piatu tidak melengserkan niatnya untuk menjadi seorang pengusaha sukses.Dia adalah Theresia Deka Putri, wanita muda yang sukses dalam usaha kopi.Theresia lahir di Gresik, Jawa Timur kurang lebih 27 tahun lalu.Saat ini dia dikenal sebagai seorang pengusaha di bidang kopi, khususnya kopi luwak.Mengingat usaha yang ia miliki saat ini, ia bangun dari titik nol, dari mulai menjajakan produknya sendiri ke warung-warung kecil. Tapi tanpa putus asa, ia terus melangkah dan bisa sesukses seperti sekarang ini.

Theresia Deka Putri Pengusaha Sukses di Bidang Kopi.Pada tahun 2000, Theresia mulai memasuki pasar kuliner seperti teh dan kopi. Saat bekerja dibidang tersebut, ia mendapatkan kepercayaan perusahaan untuk menjadi pimpinan tim. Dan dia pernah berkeliling ke sekitar Jawa Timur untuk memasarkan produk perusahaan tempat ia bekerja. Saat ini Theresia memiliki CV Karya Semesta, yaitu perusahaan yang memproduksi beberapa jenis kopi.Jenis kopi yang diproduksi adalah Kopi Luwak Lanang, Kopi Lanang Landep, dan Kopi Gajah Hitam.

Diapun memiliki keinginan untuk punya kebun sendiri.Keinginan memiliki luwak sendiri juga ada.Dan kenyataanpun akhirnya mengantarkan Theresia Deka Putri untuk memiliki kebun sendiri.Kebun tersebut selebar empat hektar.Namun karena kebutuhan semakin meningkat, Theresia tak jadi melepaskan supplyer-nya.Theresia juga mengembangkan kemitraan dengan beberapa petani kopi di Bondowoso serta Malang.Theresia berhasil mendapatkan omset Rp. 1 miliar pertamanya pada tahun 2011. Dan 2013 lalu, ia mampu memenuhi 90% omzet Rp 1,6 miliar yang tengah dipatoknya.Sedemikian suksesnya hingga Theresia Deka Putri Pengusaha Sukses di Bidang Kopi mendapatkan penghargaan dari Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Salahudin Uno lahir pada 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru, Indonesia.Orang tua Sandi bernama Sandiaga Kosastra.Sandi merupakan pendiri PT Saratoga Investama Sedaya.Sandi merupakan pribadi yang cerdas dan cemerlang, bahkan hal ini terlihat dari track record prestasi akademiknya selama menempuh studi. Sandi lulus dari Wichita State University, Amerika Serikat dengan predikat summa-cumlaude. Setelah lulus dari pendidikan tinggi tersebut, ia berkesempatan untuk bekerja di Bank Summa pada tahun 1999. Setahun berikutnya, Sandi memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studinya di George Washington University, Amerika Serikat jurusan Bisnis Administrasi dan lulus dengan GPA 4.00.

Pada tahun 1994, Sandi Uno bergabung di MP Group Holding Limited sebagai investment manajer.Selanjutnya, pada tahun 1995 Sandi bekerja sebagai Wakil Presiden Eksekutif di NTI Resources Ltd Canada.Namun, pada tahun 1997, perusahaan ini terkena krisis moneter yang menyebabkan Sandi harus melepaskan posisinya di perusahaan tersebut.Hingga akhirnya, Sandi memutuskan kembali ke Indonesia.Pada tahun 1997, Sandi Uno mendirikan PT Recapital Advisors dengan teman sekolahnya, Rosan Perkasa Roeslani dan pada tahun 1998, ia mendirikan Saratoga Capital bersama Edwin Soeryadjaya. 12 tahun, Saratoga Capital berkembang menjadi salah satu  firma investasi terbesar di Indonesia yang mempekerjakan lebih dari 20 ribu pekerja. Pada tahun 2007, Sandi Uno dinobatkan sebagai 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan aset total perusahaan mencapai 80 juta dollar AS. Selanjutnya, pada tahun 2008, Sandi Uno dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan aset total 245 juta dollar AS. Sementara, saat tahun 2009, Sandi Uno pun terdaftar sebagai orang terkaya peringkat 29 di Indonesia berdasarkan majalah Forbes dengan jumlah kekayaan 400 juta dollar AS. Pada tahun 2011, ia membeli 51 persen saham Mandala Airlines.

Sandi Uno yang juga merupakan pemilik PT Saratoga Investama Sedaya, pada tahun 2011 melakukan investasi jangka panjang dengan membeli saham Mandala Airlines yang sempat berhenti beroperasi pada 13 Januari 2011. Sandi mengusai 51% saham Mandala, 33% lainnya akan dimiliki Tiger Airways sementara sisanya 16% akan dimiliki para kreditur. Seperti diketahui bahwa Mandala Airlines telah kekurangan dana operasional dan menumpuknya utang hingga mencapai 2,4 trilliun.

Sebagai salah satu pengusaha muda terkaya di Indonesia, ia merupakan seorang muslim sunni. Ia juga merupakan milyarder pertama Indonesia yang lahir setelah era reformasi dan jatuhnya Suharto pada 1998. Sandiaga merupakan salah satu dermawan terkenal di Indonesia. Prinsipnya ialah: “ketika kita menjadi businessman, kita harus yakin bahwa harta kekayaan kita terdistribusikan secara merata.”

Tulis perbandingan karakter antara kedua tipikal orang tersebut!

Dan deskripsikan karakter yang ingin anda miliki dari orang-orang tersebut!

Karakter Orang Sukses Karena Bekerja :

  1. Tepat Waktu
  2. Jarang Mengeluh
  3. Belum Memiliki Intuisi Bisnis
  4. Menikmati Pekerjaan dan Tidak Setengah-Setengah dalam Bekerja
  5. Berusaha Memperbaiki Diri dan Menjaga Nama Baik

Karakter Orang Sukses Karena Berwirausaha :

  1. Memiliki Intuisi Bisnis
  2. Inovator
  3. Tidak Cepat Puas
  4. Risk taker (berani mengambil risiko)
  5. Determined (mantap, bulat tekad)
  6. Persistant (gigih, pantang menyerah, tidak lemah)

Dari beberapa jenis karakter yang dimiliki oleh orang-orang sukses tersebut, karakter yang ingin saya miliki yaitu :

  1. Jarang Mengeluh

Seseorang dapat sukses saat bekerja di suatu perusahaan atau instansi karena mereka dapat dipercaya dalam ketepatan waktunya.Kemampuan menepati janji adalah kunci dari semua keberhasilan, terutama keberhasilan bekerja dan berinteraksi.Memberikan perhatian lebih kepada waktu merupakan pencerminan dari respek terhadap diri sendiri dan kolega, atasan ataupun mitra.

  1. Tepat Waktu

Setiap kali gagal dalam melakukan pekerjaanya, itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi pada kemudian hari.Jarang mengeluh merupakan salah satu karakter yang dicari oleh suatu perusahaan atau instansi. Karena dengan tidak mengeluh suatu pekerjaan yang diberikan atasan akan dikerjakan dengan baik.

  1. Menikmati Pekerjaan dan Tidak Setengah-Setengah dalam Bekerja

Orang sukses selalu melihat pekerjaan sebagai hobi atau kesenangan. Karena orang sukses menyukai tantangan, mereka sangat menikmati proses pencapaian kesuksesan, di manapun mereka berada. Orang sukses memiliki semangat yang membara dan kekuatan yang penuh untuk mencapai kesuksesan.Selain itu, orang sukses juga pandai memanfaatkan waktu dengan baik dalam kemampuan fisik dan mental untuk mencapai kesuksesan.

  1. Berusaha Memperbaiki Diri dan Menjaga Nama Baik

Orang yang berusaha untuk memperbaiki diri adalah tipe orang yang tidak mudah menyerah.Kebaikan berbanding lurus dengan kesuksesan sejati.Semakin baik pribadi kita maka semakin sukseslah kita. Nama baik akan membentuk citra positif bagi kita di masyarakat sehingga orang lain mau membuka diri dan bekerja sama dengan kita. Mereka berusaha memperbaiki diri dan menjaga nama baik agar jabatan yang dimiliki bisa meningkat atau setidaknya tetap namun memiliki nama yang di baik dilinkungannya khususnya di atasannya.

  1. Memiliki Intuisi Bisnis

Para pengusaha sering dimaknai sebagai keajaiban, karena dapat menciptakan hal-hal baru di masyarakat. Padahal kepekaan bisnis terasah oleh “jam terbang” atau pengalaman, dan proses belajar dari diri seorang sang pengusaha. Hal ini trebukti dari beberapa perusahaan atau produk-produk dari sang pengusaha tersebut.

  1. Inovator

Kita bisa memulai bisnis dengan meniru, ide atau cara pengusaha lain. Namun, kita jua harus kreatif menemukan hal-hal baru seperti pada produk, kemasan, pelayanan dan pemasaran, dll.Selain baru, hal-hal tersebut juga harus unik sehingga membedakan bisnis kita dengan pesaing.Kalaupun meniru, janganlah tanpa nilai tambah. Harus ada inovasi.Dengan demikian, konsumen tak akan berpaling kepada produk kita karena mereka tidak mempunyai alasan cukup untuk membeli produk kita jika produk kita biasa-biasa saja.

  1. Tidak Cepat Puas

Para pengusaha tersebut selalu tidak merasa puas dari hal-hal yang telah tercapai.Hal itu dibuktikan dengan menciptakan Perusahaan atau produk-produk lainnya. Karena cepat puas dalam berkarya hanya akan membuat bisnis jalan di tempat, dan tinggal menunggu masa kadaluarsa. Mereka yang sukses tidak cepat puas hanya dengan karya yang sudah ada, baik dari sisi produk, pelayanan maupun pemasaran. Kualitas produk dan pelayanan harus terus ditingkatkan untuk selalu lebih unggul daripada yang lain.

  1. Risk taker (berani mengambil risiko)

Berani mengambil risiko bukan berarti nekat, tanpa pertimbangan. Mereka yang sukses berani memilih langkah yang menurut kebanyakan orang sangat berisiko.Namun, pada akhirnya langkah tersebutlah yang merupakan langkah terbaik untuk menyelesaikan permasalahn dalam bisnis tersebut.

  1. Determined (mantap, bulat tekad)

Jika telah meyakini sesuatu hal, pendapat atau keputusannya tidak mudah berubah. Mereka mantap dan yakin akan pilihan dan keputusannya. Mereka tidak takut jika kemudian pilihan atau keputusan meleset atau keliru.Tapi ini sebenarnya kelebihan seorang pengusaha.Keyakinan dan tekadnya yang bulat menjadi energi untuk membakar semangatnya.

  1. Persistant (gigih, pantang menyerah, tidak lemah)

Suatu hal disebut gagal jika kita berhenti berusaha, lemah dan menyerah.Pengusaha sejati tidak mudah menyerah.Ia gigih merajut cita-citanya. Kalah dalam suatu pertarungan bukan berarti kalah perang. Masih banyak arena pertarungan lain yang akan bisa mengantarkannya pada kemenangan sejati.

 Tulis karakter wirausaha yang ingin anda miliki!

  1. Pembelajar
  2. Memiliki Visi yang Jelas
  3. Problem solver (penyelesai masalah)
  4. Keimanan yang Tinggi
  5. Loyalitas
  6. Jarang Mengeluh dan Pantang Menyerah
  7. Tepat Waktu
  8. Menikmati Pekerjaan dan Tidak Setengah-Setengah dalam Bekerja
  9. Berusaha Memperbaiki Diri dan Menjaga Nama Baik
  10. Memiliki Intuisi Bisnis
  11. Inovator
  12. Tidak Cepat Puas
  13. Risk taker (berani mengambil risiko)
  14. Determined (mantap, bulat tekad)
  15. Persistant (gigih, pantang menyerah, tidak lemah)

Tinggalkan komentar